Thursday, January 30, 2014

Caleg Tidak Bermodalkan Popularitas Belaka Tapi Rekam Jejaknya...!!!

Karyono dalam kapasitasnya sebagai Staf Ahli Anggota DPR RI dan sekaligus sebagai Caleg DPRD Propinsi Riau ini mengimbau Kaum Intelektual Muda untuk cerdas dalam Melihat, Menimbang, dan Memilih Calon Legislatif (Caleg) berdasarkan rekam jejak (track record) dan tidak sekadar bergantung pada popularitas semata.

"Rekam jejak (track record) Calon Legislatif (Caleg) bisa dengan mudah dicari dan dipelajari di era informasi teknologi saat ini. Kalau sulit mendapatkan informasi, nyalakan komputer, Gadget, Tablet, dan SmartPhone lalu browsing di Google, FB, Blog, Twitter, Istagram, dll " ujar Karyono.

Dalam iklim globalisasi dan demokrasi dewasa ini, saya mengingatkan bahwa seorang pemimpin (Caleg) harus dan bahkan wajib untuk mengenal wilayah dan masyarakat yang akan diwakilinya. Tanpa mengenali dan mempelajari wilayah, baik budaya setempat, masalah lokal, potensi sosial, budaya dan ekonomi maupun potensi konflik mustahil seseorang dapat menjadi pemimpin (Anggota Legislatif) dengan keanekaragaman suku, bahasa, budaya dan agama.

Karyono menegaskan, dalam catatan sejarah, intelektual muda dalam hal ini Pemuda dan Pemudi selalu memainkan peran central dalam kemerdekaan dan pembangunan sebuah bangsa. Beliau menggambarkan bahwa sejarah tonggak kemerdekaan bangsa Indonesia dimulai dengan dicanangkannya Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.

"Suka tidak suka, siap tidak siap, pemuda akan menggantikan yang tua untuk menjadi pemimpin, jangan sia-siakan waktu, gunakan waktu dan kesempatan yang ada untuk turut serta berpartisipasi aktif dalam usaha mulia ini".

Dia menambahkan, iklim demokrasi yang baik (sehat) merupakan faktor penting dalam mendukung proses pembangunan yang berjalan. Untuk itu dalam menghadapi Pemilihan Legislatif 9 April 2014, saya menyerukan agar Generasi Muda dapat bersatu dalam menentukan Pemimpin (Caleg) yang berkualitas dengan salah satu alat ukurnya yaitu melihat "jejak rekam" agar ke depan masyarakat daerah yang diwakili dapat lebih sejahtera, adil dan bermartabat serta dapat meraih keberkahan.

0 comments:

Post a Comment