Wednesday, January 29, 2014

Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Kunci Menuju Kampar Berkah

Kabupaten Kampar merupakan salah satu Kabupaten induk (tertua) di Propinsi Riau yang di bentuk berdasarkan Undang-undang Darurat Nomor 19 Tahun 1957 dan di kukuhkan oleh Undang-undang Nomor 61 Tahun 1958 memiliki andil yang cukup besar dalam menopang kemajuan perekonomian Propinsi Riau.

Kabupaten Kampar terdiri dari 21 Kecamatan dan 250 Desa yang masing-masing terdiri dari berbagai suku dan agama serta berbagai profesi (pekerjaan) menjadi salah satu Sumber Daya tersendiri di samping potensi Sumber Daya Alam yang di milikinya.

Masyarakat Kabupaten Kampar yang hampir sebagian besar hidup di perdesaan sebagai Petani, Pekebun, Peternak, dan Pedagang sampai saat ini belum mendapat kehidupan yang lebih baik. Realitas ini terjadi di latar belakangi dari berbagai faktor yaitu : 1. Belum terkelolahnya Potensi Sumber Daya yang di miliki di masing-masing daerah secara maksimal. 2. Sarana Infrastruktur yang belum memadai, dan 3. Bantuan modal dan jaminan dari pemerintah terhadap hasil produksi Sumber Daya masih sangat rendah.

Untuk itu, seharusnya Strategi dan Pola kebijakan pembangunan daerah harus lebih berorientasi kepada pengembangan ekonomi kerakyatan yang ada di masyarakat perdesaan, karena di sinilah sebenarnya letak kantong kemiskinan masyarakat.

Hampir di seluruh Desa atau Kelurahan memiliki potensi Sumber Daya yang berbeda, ini sebenarnya peluang dan sumber kekuatan tersendiri jika dapat di kelola dengan baik. Sebagai contoh: di wilayah Kecamatan Tapung, Tapung Hulu dan Tapung Hilir, merupakan daerah dimana masyarakatnya berprofesi sebagai Petani Kelapa Sawit harus di kelola, di lindungi dan di jamin dengan baik, terkait Infrastruktur Jalan Produksi, Ketersediaan Stabilisasi Harga Pupuk, serta Jaminan Harga Produksi Kelapa Sawit itu sendiri.

Di samping itu program penunjang yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat saat ini adalah bantuan modal dalam pengembangan Ternak Sapi yang terintegrasi dengan Kelapa Sawit, Pengembangan Bidang Hortikultura, Bantuan Modal dan sarana untuk pembudidaya ikan air tawar, dan bantuan lain yang terkait dengan pengembangan potensi masyarakat.

Di Kecamatan lain, seperti Kec. Kampar Kiri, dan Kampar Kiri Hulu yang memiliki potensi besar dalam Perkebunan Karet juga mesti di fasilitasi dalam hal Pengadaan Bibit Unggul, Bantuan Modal, Pupuk, serta Jaminan Harga produksi. Jika ini dapat di lakukan dengan sungguh-sungguh, tersistem dan terintegrasi, maka secara otomatis kehidupan dan perkembangan ekonomi masyarakat di desa akan meningkat, yang pada akhirnya keadaan ini akan berimplikasi positif terhadap kemajuan di tingkat Kecamatan dan Kabupaten Kampar itu sendiri.

Sudah saatnya Pembangunan di arahkan ke Desa atau Kelurahan, dengan strategi mengelola dan meningkatkan potensi "cluster-cluster sumber daya ekonomi" yang di miliki tanpa adanya ruang perbedaan perlakuan dari sudut kaca mata politik, karena memang di sanalah tempat masyarakat itu tinggal, serta di sanalah letak kemiskinan itu berada.

Untuk mewujudkan hal tersebut tentu di butuhkan Kader-kader terbaik dari setiap daerah (wilayah) di Kabupaten Kampar yang paham dan kenal dengan kondisi, situasi dan persoalan untuk mewakili daerahnya dalam menfasilitasi, mengakomodasi dan memperjuangkan daerah (wilayahnya) baik di tingkat Kabupaten, Propinsi dan Pusat.

Sekarang sudah tidak jamannya lagi, masyarakat hanya di jadikan alat komoditas politik belaka, masyarakat kini harus di jadikan mitra dalam setiap aktivitas pembangunan. Politik Pragmatis yang di praktekkan oleh para Politikus "dadakan" yang membelengu dan merusak paradigma berfikir masyarakat sudah saatnya di lawan dan di hapuskan.

Untuk itu dalam menghadapi Pemilihan Legislatif 9 April 2014 yang sebentar lagi akan di helat, kita mengharapkan agar nantinya masyarakat dapat memilih dan menentukan para wakil-wakil rakyat yang berkualitas, yang mengerti, memahami dan memiliki komitmen baik sebelum maupun sesudah terpilih kepada daerah, konstetuen dan masyarakatnya.

0 comments:

Post a Comment