Saturday, January 25, 2014

Konsistensi Politisi harus dikawal Masyarakat dengan Kontrak Kinerja

Untuk mengawal janji politik, kontrak kinerja (politik) masyarakat dengan Calon Legislatif yang maju pada Pemilihan Umum 2014 di anggap penting, dan mendesak untuk direalisasikan. Ini penting untuk mengawali janji politik bagi Calon Legislatif.

Upaya kontrak Kinerja (politik) perlu dilakukan mengingat saat ini siapapun dengan latar belakang apapun dapat mencalonkan menjadi anggota legislatif, sehingga perlu dikawal masyarakat secara cermat.

Pada era demokrasi ini, siapa pun bisa "nyaleg", sehingga masyarakat harus dapat mengkontrol jangan sampai Caleg hanya berupaya meraup keuntungan dan kedudukan politik semata. Dalam kontrak kinerja (politik) masyarakat dapat mengajukan keinginan dan kebutuhan terkait aspek pembangunan apa saja yang akan ditingkatkan apabila caleg yang bersangkutan terpilih, sehingga dengan demikian dapat dinilai caleg mana yang paling layak dipilih dan memiliki keberpihakan terhadap konstituen, masyarakat serta memiliki keberanian.

Masyarakat kini di tuntut untuk cerdas dalam mengenali, mengkritisi, serta melakukan kontrak politik. Kita mengharapkan agar masyarakat tidak perlu antipati (apatis) terhadap politisi, karena mekanisme sistem demokrasi dan ketatanegaraan di negara kita memang mengharuskan adanya mereka (Caleg) untuk duduk dan bekerja mewakili masyarakat.

Masyarakat Cukup mengawal janji dan program mereka lima tahun ke depan. Keberanian masyarakat untuk mengedepankan sikap kritis, tidak gampang terkecoh oleh politik uang. Hal itu disebabkan apabila diterima maka akan menentukan kinerja mereka lima tahun ke depan.

Masyarakat harus berani katakan tidak perlu politik uang (money politic). Cukup catat hal apa saja yang berani diperbuat selama menjadi anggota legislatif lalu masyarakat dapat mengigatkan dan menagihnya secara berkala.

Tujuan dari dari kontrak kinerja (politik) adalah untuk memperkecil kemungkinan terjadinya penyalahgunaan wewenang serta melenceng dari janji. Mari kita buktikan bahwa Pemilu Legislatif Tahun 2014 adalah pemilu yang berkualitas, artinya bukan hanya prosesnya yang berkualitas namun juga masyarakat dapat mendudukkan Caleg yang berkualitas yang memiliki komitmen, integritas dan tanggung jawab yang tinggi terhadap konstetuan dan masyarakat yang memilihnya.

0 comments:

Post a Comment